Panduan Menyusunan Rencana Liburan ke Jogja Yang Efektif

Photo by varaholidaytour.com

Panduan Menyusunan Rencana Liburan ke Jogja Yang Efektif – Setelah menghabiskan waktu menjalani kesibukan sehari-hari Anda, baik itu bekerja atau kuliah, tentu tak ada salahnya memanfaatkan waktu luang untuk berlibur, bukan? Bagi Anda yang sudah berencana untuk berlibur ke Jogja, perhatikan beberapa tips penting sebagai panduan Anda dalam merencanakan liburan seru Anda kelak, bahkan jika Anda pergi berlibur sendirian.

Panduan Menyusunan Rencana Liburan ke Jogja

Perencanaan yang matang sangat penting agar nantinya Anda tidak bingung bagaimana Anda akan menghabiskan waktu di Jogja nantinya. Selain itu, perencanaan yang rinci dan cermat pun akan memandu Anda dalam menggunakan anggaran liburan yang ada dengan bijak, sehingga pengeluaran Anda tidak akan melebihi pengeluaran yang sudah direncanakan. Dengan begitu, Anda pun bisa berlibur dengan nyaman dan tenang tanpa harus khawatir soal biaya sama sekali!

1. Buat agenda perjalanan

Menyusunan Rencana Liburan ke Jogja - Agenda Wisata
Photo by s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Anda sudah tahu kalau Anda akan berlibur ke Jogja. Lalu, apa yang perlu direncanakan? Nah, Anda bisa mulai dengan mengagendakan perjalanan Anda. Sebab, Anda pasti harus sampai di Jogja dulu, kan? Lalu, apakah Anda akan naik pesawat, kereta api, atau membawa mobil sendiri? Kemudian, kapan Anda akan berlibur dan selama berapa hari?

Dan selama Anda di Jogja nanti, pasti Anda butuh tempat menginap, kan? Jadi, jangan lupa juga untuk memilih dan memesan penginapan yang pastinya sesuai dengan anggaran Anda. Di samping itu, jika ada event tertentu di Jogja yang ingin Anda kunjungi seperti Ngayogjazz, sesuaikan juga waktu kunjungan Anda dengan tanggal berlangsungnya event tersebut.

2. Buat anggaran liburan Anda

Cara Menyusunan Rencana Liburan ke Jogja - anggaran budget liburan
Photo by ohayo.co.id

Setelah Anda merencanakan keberangkatan sampai kepulangan Anda nanti, Anda sudah bisa membuat anggaran liburan. Lakukan langkah ini dengan cermat agar kondisi keuangan Anda tidak justru jadi bermasalah sepulangnya Anda berlibur nanti, ya! Minimal, inilah hal-hal yang harus Anda anggarkan untuk menyusunan rencana liburan ke Jogja nanti:

  • Tiket PP kota asal-Jogja.
  • Biaya penginapan.
  • Biaya makan selama di Jogja.
  • Oleh-oleh dan belanja.
  • Transportasi selama di Jogja.
  • Biaya tempat wisata.
  • Biaya darurat untuk berjaga-jaga di kondisi tak terduga (biasanya 10 sampai 20 persen dari total biaya).

3. Rencanakan jauh-jauh hari, terutama kalau Anda ingin irit

Cara Menyusunan Rencana Liburan ke Jogja
Photo by img.bisnis.com

Selain waktu yang cukup longgar untuk membuat rencana perjalanan, merencanakan liburan dari jauh-jauh hari pun menguntungkan Anda yang ingin irit biaya transportasi, baik itu jika Anda berencana terbang dengan pesawat atau naik kereta api menuju ke Joga dan sepulangnya liburan nanti.

Sebab, harga tiket akan jauh lebih murah jika dipesan lebih awal. Selain itu, hal ini untuk mencegah risiko tiket terjual habis, terutama jika Anda berencana ke Jogja saat musim liburan yang pasti ramai dan padat. Hal yang sama pun akan menguntungkan Anda ketika akan memesan hotel atau penginapan.

4. Persiapkan dana cadangan

Cara Menyusunan Rencana Liburan ke Jogja - Dana
Photo by solusiholcim.com

Walaupun Anda sudah merencanakan anggaran liburan secermat dan sedetail apapun, akan selalu ada situasi tak terduga yang memaksa Anda untuk mengeluarkan dana lebih. Dan jika hal-hal tak terduga tersebut tidak diantisipasi, biaya liburan Anda bisa jadi membengkak dan Anda bahkan bisa kehabisan uang di jalan yang pasti akan mengganggu kenyamanan Anda selama berlibur.

Untuk menghindari hal tersebut, jangan lupa persiapkan dana cadangan untuk kebutuhan darurat sehingga dana yang sudah dialokasikan untuk kebutuhan lain, misalnya makan atau oleh-oleh, tidak perlu terganggu. Kalau Anda punya lebih dari 1 rekening tabungan, Anda bisa sisihkan dana darurat ini di rekening yang berbeda agar tidak tercampur dengan dana liburan yang sudah dialokasikan lainnya.

5. Bijak mengeluarkan uang

Jogja memang terkenal dengan biaya hidupnya yang murah, sehingga tak heran kalau banyak backpacker yang menjadikan kota ini sebagai destinasi wisata favorit di Jogja. Meski demikian, jangan sampai hal tersebut justru memicu impuls Anda untuk berbelanja atau jajan dalam jumlah berlebih.

Selain memperbesar risiko pengeluaran yang membengkak dan tak terkendali, hal ini juga untuk mencegah Anda membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Jika Anda menggunakan pesawat sebagai pilihan transportasi, Anda perlu waspada agar barang bawaan Anda tidak kelebihan muatan alias overload, yang artinya biaya ekstra untuk membayar kelebihan berat tersebut.

6. Hemat dan ikuti anggaran yang sudah dibuat

Hindari godaan mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak Anda butuhkan dan tidak dianggarkan, bahkan kalaupun dana darurat Anda masih utuh. Godaan memang sering kali susah untuk dihindari, tapi ingat bahwa Anda pun perlu memikirkan kondisi keuangan Anda setelah pulang dari berlibur nanti.

Dengan menjaga pengeluaran agar tidak melebihi apa yang sudah dianggarkan, maka liburan Anda pun jelas akan lebih menyenangkan dan berkesan, terutama karena Anda mampu mengeluarkan uang sesuai dengan anggaran yang Anda persiapkan sebelumnya.

Semoga panduan menyusunan rencana liburan ke Jogja di atas bermanfaat untuk Anda!

Beri nilai untuk posting ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here