Tips Perhitungan Biaya Liburan ke Jogja Budget Minim

Photo by malaspulang.com

Tips Perhitungan Biaya Liburan ke Jogja Budget Minim – Ada berbagai alasan mengapa Jogja merupakan salah satu kota tujuan liburan yang sangat populer bukan hanya di Indonesia, tapi juga di dunia. Beragam pesona alam, budaya, seni, dan keramahan warganya tak heran sering membuat turis betah dan selalu ingin kembali ke sana. Dan para backpacker pun salah satunya, apalagi mengingat biaya hidup di Jogja yang begitu terjangkau bahkan bagi para turis.

Tips Perhitungan Biaya Liburan ke Jogja Budget Minim

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan sebagai panduan perhitungan biaya liburan ke Jogja untuk berlibur irit ala backpacker, tapi tentunya tetap seru dan mengesankan!

1. Pilihan transportasi

Photo by cdn-asset.hipwee.com

Tak perlu dipertanyakan lagi bahwa transportasi dari kota asal menuju Jogja dan sebaliknya akan membutuhkan biaya yang tak sedikit. Belum lagi Anda masih harus memikirkan transportasi selama liburan Anda di Jogja nantinya. Untuk berhemat, Anda bisa pilih naik kereta api ekonomi saja, apalagi kereta api kelas ekonomi sekarang sudah semakin nyaman untuk ditumpangi. Kalau Anda harus naik pesawat, rencanakan kunjungan Anda jauh-jauh hari agar Anda bisa mendapatkan harga tiket pesawat yang semurah mungkin.

Selama di Jogja nanti, Anda bisa berhemat dengan memilih armada Trans Jogja sebagai moda transportasi andalan Anda. Atau, Anda pun bisa menyewa motor untuk kemudahan dan kepraktisan dalam menjangkau berbagai lokasi wisata yang sulit dijangkau jika Anda hanya mengandalkan angkutan umum, seperti pantai.

2. Akomodasi nyaman dan murah meriah

Photo by cdn2.tstatic.net

Anda pun tak perlu keluarkan uang sampai jutaan untuk menikmati akomodasi yang nyaman dengan layanan berkualitas di Jogja. Sebab, disini Anda bisa temukan beragam pilihan yang sesuai dengan kantong Anda. Dari segi harga, Anda bisa temukan yang harga sewa kamarnya di bawah Rp300.000 per malam, bahkan yang hanya sekitar Rp100.000 saja, atau kurang.

Hanya saja, perhatikan bahwa makin murah penginapan, maka fasilitas tambahannya pun lebih sedikit. Misalnya, Anda tidak akan mendapatkan sarapan gratis, atau harus menggunakan kamar yang didesain seperti dorm, di mana satu ruangan akan ditempati oleh beberapa orang (4 atau lebih).

3. Destinasi wisata murah

Photo by sewamotordijogja.com

Bukan hanya murah, Anda bahkan bisa menemukan berbagai lokasi wisata populer di Jogja yang tiket masuknya gratis. Kalaupun ada biaya masuk, harganya bahkan kurang dari Rp10.000. Nah, tentunya tempat-tempat wisata yang seperti ini masih bisa menjamin keseruan selama liburan Anda di Jogja nantinya, bukan? Dan dengan begitu, Anda pun masih bisa mengunjungi berbagai tempat wisata tanpa harus menguras kantong.
Beberapa lokasi wisata yang murah dan sangat populer adalah:

  • Wisata Kalibiru

Salah satu wisata alam andalan Jogja yang masih populer sampai sekarang. Terdapat gardu pandang di puncak pohon yang dapat Anda naiki untuk menyaksikan pemandangan Waduk Sermo dan jajaran pepohonan hijau yang mengelilinginya.

  • Taman Sari

Terletak di kawasan Keraton Ngayogyakarta, Taman Sari dulunya adalah sebuah pemandian khusus putri-putri Keraton.

  • Pantai-pantai di pesisir Gunung Kidul, seperti Pantai Krakal, Pantai Baron, Pantai Siung, dan Pantai Ngrenehan.
  • Malioboro dan kawasan Titik Nol Kilometer

Siapa yang tak kenal Malioboro? Saking populernya kawasan ini, orang-orang sampai beranggapan kalau belum ke Jogja jika belum ke Malioboro. Titik Nol Kilometer ada di ujung selatan Malioboro dan sering jadi tempat berkumpul para warga atau jadi arena pertunjukan kesenian.

  • Tugu Yogyakarta di malam hari

Begitu malam datang, kawasan Tugu Yogyakarta akan dihias dengan lampu cantik dan menawarkan pengalaman kuliner khas Jogja yang terkenal di sekitarnya, yaitu angkringan. Dari nasi kucing sampai sate usus, semua menu khas angkringan bisa Anda dapatkan sambil memuaskan perut.

  • Alun-Alun Selatan di malam hari

Berbeda dengan Alun-Alun Utara, kawasan yang satu ini berubah jadi pasar malam mini ketika malam menjelang. Selain berbagai jajanan pinggir jalan yang murah meriah, Anda juga bisa naik sepeda tandem yang dihias dengan lampu warna-warni.

4. Kuliner enak dan ramah di kantong

Photo by ngegas.com

Siapa bilang bakpia adalah satu-satunya jenis makanan yang dapat Anda nikmati di Jogja? Ada berbagai destinasi wisata menarik dan mampu memanjakan lidah Anda di Kota Pelajar, bahkan tanpa harus membuat anggaran liburan Anda bocor.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang sudah terbukti harga dan rasanya, serta menjadi favorit para wisatawan ketika berkunjung ke Jogja.

  • Mi Ayam Bu Tumini (mi ayam dengan mi kenyal dan kuah kental yang gurih dan manis).
    Alamat: Jln. Imogiri Timur No. 187 Yogyakarta (utara Terminal Penumpang Giwangan).
  • Soto Bathok Mbah Katro (soto daging lezat dan murah disajikan di dalam batok kelapa).
    Alamat: Jln. Candi Sambisari No. 6, Purwomartani.
  • Gudeg Mbah Lindu (gudeg asli sejak tahun 1942).
    Alamat: Jln. Sosrowijayan Yogyakarta.

Demikianlah tips perhitungan biaya liburan ke Jogja. Sudah siap liburan murah dan seru di Jogja?

This website uses cookies.