10 Tempat Wisata di Kaliurang Terbaru yang Asik untuk Dikunjungi

Photo by 2.bp.blogspot.com
5/5 (1)

10 Tempat Wisata di Kaliurang Terbaru yang Asik untuk Dikunjungi – Kaliurang adalah sebuah area di Jogja atau Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang berada di kaki Gunung Merapi. Karena itulah tak mengherankan kalau Kaliurang pun menjadi salah satu destinasi wisata favorit masyarakat.

Bagi Anda yang sudah berencana untuk mengunjungi Jogja untuk berlibur, sempatkan waktu Anda untuk mengunjungi Kaliurang dan berbagai tempat wisata menarik yang dijamin seru untuk Anda kunjungi. Apa saja? Ini dia daftarnya!

10 Tempat Wisata di Kaliurang Terbaru Yang Bagus

1. Museum Gunung Merapi (MGM)

Tempat Wisata di Kaliurang - Museum Gunung Merapi
Photo by jogjaspace.com

Berlokasi di area lereng Merapi di sisi selatan, MGM merupakan sebuah destinasi wisata edukatif menarik yang wajib dikunjungi, terutama jika Anda pergi berlibur bersama keluarga. Destinasi wisata terbaik yang satu ini dibangun untuk menjadi wahana edukasi dan konservasi berkelanjuan, serta tempat pengembangan ilmu bencana gunung api, gempa buni, maupun jenis bencana alam lain.

2. Blue Lagoon

Tempat Wisata di Kaliurang - Blue Lagoon
Photo by explorewisata.com

Nama aslinya adalah Pemandian Tirta Budi, tapi sekarang lokasi ini lebih dikenal dengan nama Blue Lagoon lantaran warna airnya yang begitu jernih dan biru. Kawasan wisata pemandian alam yang satu ini berlokasi di Desa Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman DIY yang patut dikunjungi untuk menyegarkan tubuh Anda setelah lelah menjelajah penjuru Jogja selama seharian penuh.

3. Tlogo Putri Kaliurang

Tempat Wisata di Kaliurang - Tlogo Putri Kaliurang
Photo by wisataku.id

Satu lagi destinasi wisata di Kaliurang terbaru yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga Anda. Di sini, Anda bisa menemukan baik itu wahana wisata air maupun wisata alam yang langsung dikelola oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman. Di sini, Anda dijamin bisa bersenang-senang bersama keluarga mengendarai bebek air atau kano, maupun wahana permainan lainnya seperti flying fox yang memacu adrenalin, serta bianglala untuk menikmati kesejukan udara khas Kaliurang serta pemandangannya dari ketinggian.

4. Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang

Tempat Wisata di Kaliurang - Air Terjun Tlogo Muncar
Photo by 3.bp.blogspot.com

Kawasan wisata alam ini berlokasi di Desa Hargo Binangun, Pakem, Kabupaten Sleman dan punya ketinggian kira-kira 30 sampai 45 meter. Sumber airnya berasal dari lereng Bukit Plawangan, yang merupakan salah satu bukit di kawasan Gunung Merapi. Waktu terbaik untuk mengunjungi Air Terjun Tlogo Muncar adalah di masa peralihan dari musim penghujan menuju musim kemarau karena cuacanya yang sudah bagus dan tidak terlalu sering hujan, dan debit air dijamin masih banyak sehingga air terjun belum kering.

5. Museum Ullen Sentalu

Tempat Wisata di Kaliurang - Museum Ullen Sentalu
Photo by panduanwisatajogja.com

Disebut sebagai museum terbaik di Indonesia, maka tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak mengunjungi Ullen Sentalu. Di sini, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi menarik dan edukatif soal seni dan budaya Jawa. Selain itu, arsitektur bangunan maupun dekorasinya memang didesain bukan sekadar untuk menonjolkan unsur estetika saja, tapi juga menunjukkan filosofi masyarakat Jawa. Apalagi lokasi museum yang ada di kawasan Kaliurang ini memang terletak di dalam garis imajiner yang menghubungkan laut selatan, Keraton Ngayogyakarta, dan Gunung Merapi.

6. Wisata Edukasi Omah Salak

Tempat Wisata di Kaliurang - Edukasi Omah Salak
Photo by lh6.googleusercontent.com

Siapa yang tak kenal salak? Di Kaliurang, salak adalah salah satu buah khas yang jadi favorit pengunjung sebagai oleh-oleh, terutama salak pondoh. Dan di Omah Salak, Anda bisa menyaksikan sendiri seperti apa perkebunan salak dan mempelajari proses tanam sampai panen. Di sini pun terdapat beragam sajian olahan salak yang juga tak kalah menarik untuk dijadikan buah tangan bagi keluarga atau teman di kota asal Anda.

7. Wisata Lereng Gunung Merapi

Tempat Wisata di Kaliurang - Lereng Gunung Merapi
Photo by eksotisjogja.com

Penasaran ingin menyaksikan kemegahan dan keindahan Merapi, yang menjadi sumber penghidupan berbagai makhluk hidup di sekitarnya? Anda bisa ikut tur wisata lereng Merapi yang dijamin seru dari berbagai lokasi di kawasan lereng gunung berapi yang masih aktif ini. Di Jogja sendiri, titik pengamatan yang biasa dipilih salah satunya adalah kawasan wisata Kaliadem. Untuk mengikuti program ini, Anda akan perlu berangkat pagi-pagi, yaitu sekitar pukul 07.00 karena pada saat itulah Anda dapat melihat Merapi dengan jelas tanpa terhalang kabut atau awan.

8. Desa Wisata Ledok Sambi, Kaliurang

Tempat Wisata di Kaliurang - Desa Wisata Ledok Sambi
Photo by 4.bp.blogspot.com

Kawasan ini adalah salah satu dari berbagai kawasan desa wisata di Kaliurang terbaru yang tersebar di penjuru area di lereng dan kaki Gunung Merapi. Berlokasi di Desa Pakembinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Anda bisa menikmati suasana khas pedesaan yang masih tenang. Udaranya yang sejuk dan segar dijamin akan membuat Anda lebih rileks. Selain itu, di kawasan desa pisata ini pun Anda bisa menemukan berbagai rumah tradisional khas Jawa yang menarik dan cantik, seperti joglo dan limasan.

9. Goa Jepang, Kaliurang

Tempat Wisata di Kaliurang - Goa Jepang
Photo by i.ytimg.com

Gua ini asalnya adalah salah satu gua buatan yang merupakan peninggalan dari era penjajahan Jepang. Dibangun kira-kira pada tahun 1942 sampai 1945, gua ini dulunya menjadi tempat perlindungan tentara Jepang. Anda pun bisa bersantai menikmati udara sejuk khas Kaliurang di sini sambil mengamati kawanan monyet yang menjadikan kawasan ini jadi habitat mereka.

10. Bunker Kaliadem

Tempat Wisata di Kaliurang - Bunker Kaliadem
Photo by 2.bp.blogspot.com

Bunker ini adalah salah satu wisata di Kaliurang terbaru dimana adalah tempat perlindungan dari serbuan awan panas Merapi alias wedhus gembel. Di sini, Anda bisa mengamati keindahan Merapi sekaligus melihat jejak yang tersisa dari letusan terakhir Gunung Merapi tahun 2010 silam.

Seberapa manfaat kah artikel diatas?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here